anak-anak main bola di sekitar kantor SAGE Petroleum, Accra, Ghana, Africa
anak-anak main bola di sekitar kantor SAGE Petroleum, Accra, Ghana, Africa

Suatu ketika ada client kami dari Ghana, Africa, minta jasa implementasi Odoo di perusahaanya, SAGE Petroleum, Ltd. Itu perusahaan trading oil, import bahan bakan dari Europe dan distribusi ke local Ghana. Selain importir, dia juga punya perusahaan retailnya (semacam POM bensin).

Secara umum Odoo sudah mencukupi kebutuhan bisnisnya, mulai dari Purchase, Warehouse, Sales, Accounting, dan MRP. Namun uniknya, disana harga jual bahan bakar sudah ditentukan oleh pemerintah (sama seperti di Indo) tapi berubah-ubah setiap 2 minggu sekali. Jadi kita harus bikin modul addons untuk menyimpan data harga jual sesuai ketetapan pemerintah tersebut dan bisa diupdate oleh administrator setiap 2 minggu sekali. Kita manfaatkan sistem Price List nya Odoo dengan sedikit modifikasi tentunya.

Lalu gimana dengan harga pokok penjualan ? Perhitungannya sederhana. Harga pokok penjualan pasti lebih besar dari harga jual. Selisih kerugiannya ditalangi oleh Pemerintah sana. Jadi setiap bulan Odoo harus bisa mengeluarkan berapa total Hutang pemerintah ke perusahaan tersebut. Artinya pemerintah sana mensubsidi perusahaan yang jual bahan bakar.

Lalu gimana kami bisa dapat client dari overseas seperti itu……? Tertarik lebih mendalami hal tersebut? Ayo ikut Workshop nya.

Klik Disini

Kita akan bahas segala sesuatu yang berkaitan dengan hal di atas, selain materi standard Purchase, Warehouse, Accounting, Sales dan HR Payroll.

Mumpung lagi ada DISKON 50%.

 

 

Pengalaman Implementasi Odoo di Ghana, Africa
Tagged on: