college-students

Untuk implementasi di kampus, Odoo harus banyak dimodifikasi terutama untuk penanganan sistem informasi akademik nya. Disini dibuat addons untuk menyimpan data mahasiswa, dosen, KRS dan KHS, nilai mahasiswa, beasiswa, tugas, transkrip, penerimaan mahasiswa baru, seleksi penerimaan mahasiswa, dan tes potensi akademik.

Addons tersebut kita integrasikan ke sistem Accounting Odoo, yaitu dalam hal ketika mahasiswa mendaftar diterbitkan invoice uang pendaftaran, ketika lolos jadi mahasiswa dikeluarkan invoice uang kuliah dan uang bangunan, ketika lulus dikeluarkan invoice uang wisudan dan sebagainya.

Data-data mahasiswa, dosen, dan kegiatan perkuliahan kemudian harus bisa diexport kedalam format tertentu (CSV atau web serivce) ke sistem PD DIKTI untuk kebutuhan pelaporan yang diwajibkan oleh DIKTI terhadap semua perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Untuk kampus yang sudah bekerjasama dengan bank, kita harus bisa mengintegrasikan sistem Student Payment Center bank tersebut dengan Odoo, sehingga invoice-invoice yang diterbitkan tadi dapat otomatis terbayar (Paid) ketika mahasiswa membayar melalui channel yang disediakan oleh bank tersebut (misalnya ATM, internet/mobile banking, kasir, dan sebagainya)…

Kemudian kampus biasanya minta sistem fixed asset juga diimplementasikan karena mereka umumnya punya asset yang nilainya ratusan miliar tapi pencatatan asetnya masih sangat manual …

Masih banyak lagi ternyata yang perlu dilakukan untuk universtias… Tertarik lebih mendalami hal tersebut?

Ayo ikut Workshop nya.

Kita akan bahas segala sesuatu yang berkaitan dengan hal di atas, selain materi standard Purchase, Warehouse, Accounting, Sales dan HR Payroll. Mumpung lagi ada DISKON 50%.

 

Implementasi Odoo Untuk Sistem Informasi Akademik Perguruan Tinggi
Tagged on: