barcode printer

Odoo harus mencetak barcode langsung ke Printer Barcode ? Misalnya printer ini:
https://www.zebra.com/us/en/products/printers/desktop.html

Kalau secara default, nggak mungkin Odoo bisa cetak ke printer tersebut, karena semua document print out dari Odoo bentuknya PDF, sementara printer tersebut mintanya raw data sesuai kode-kode perintah dan data untuk mencetak barcode langsung di kertas label menggunakan thermal printer.

Dengan teknik yang sama yang sudah dijelaskan di artikel sebelumnya : Direct Printing Dot Matrix, gimana caranya di Odoo ? hal ini bisa dilakukan, yaitu menggunakan aplikasi proxy yang terhubung langsung ke printer barcode dan dapat mengirimkan raw data ke printer tersebut.

Namun disini, yang kita kirim ke printer barcode adalah data (dalam bentuk text) untuk mencetak barcode sesuai dengan format yang diinginkan oleh printer tersebut. Contohnya:

 [ESC] D0508, 0760, 0468 [LF] [NUL] 
 [ESC] T20C41 [LF] [NUL]
 [ESC] C [LF] [NUL]
 [ESC] RC000; ABC [LF] [NUL]
 [ESC] RC001; DEF [LF] [NUL]
 [ESC] XS; I, 0001, 0002C41000 [LF] [NUL]

Apaan tuh?? Itu adalah data text yang harus dikirimkan ke printer (contohnya di atas itu kode perintah printer Toshiba). Jadi bukan sembarang data text yang bisa kita kirimkan, namun kode-kode perintah dan data yang dimengerti oleh printer supaya dia bisa cetak barcode sesuai yang kita minta. Data-data tersebut meliputi kode barcode itu sendiri (misalnya kode barang), lokasi x dan y, ukuran, margin, dan lain sebagainya. Masing-masing printer barcode punya command sendiri-sendiri.

Tertarik lebih mendalami hal tersebut? Ayo ikut Workshop nya. Kami akan kasi ilmu teknik Proxy printing barcode.

Klik Disini!

Kita akan bahas segala sesuatu yang berkaitan dengan hal di atas, selain materi standard Purchase, Warehouse, Accounting, Sales dan HR Payroll.

Mumpung lagi ada DISKON 50%.

Direct Printing Barcode, gimana caranya di Odoo ?
Tagged on: