blockchain

Blockchain: Pengenalan Stellar Network

 

Dengan menggunakan Stellar network, kita bisa membangun system mobile wallets, aplikasi banking, smart devices yang bisa membayar otomatis, dan semua yang dapat kita bayangkan yang terkait dengan pembayaran! Walaupun Stellar merupakan system terdistribusi yang sangat complex, berinteraksi dengannya bukan merupakan sesuatu yang sulit!

API: Horizon

Umumnya nanti aplikasi kita berkomunikasi dengan Stellar melalui Horizon, sebuah RESTful HTTP API server. Horizon memberikan kita cara langsung untuk submit transactions, mengecek accounts, dan subscribe suatu events. Karena sekedar HTTP, kita bisa berkomunikasi dengan Horizon hanya dengan browser, command line tool seperti cURL, atau Stellar SDK sesuai bahasa program yang kita sukai.

Cara termudah untuk menginstall Horizon adalah melalui stellar/quickstart docker image.

Stellar.org menyediakan SDK yang berbasis JavaScriptJava, dan Go untuk berkomunikasi dengan  Horizon. Ada juga SDK untuk RubyPython, dan C#. yang dibuat oleh komunitas.

Network Backbone: Stellar Core

Di belakang layar, semua server Horizon terkoneksi dengan Stellar Core, backbone-nya Stellar network. Software Stellar Core lah yang melakukan pekerjaan keras untuk validasi dan persetujuan dengan server Core lainnya terhadap status dari setiap transaksi menggunakan protokol Stellar Consensus Protocol (SCP). Stellar network sendiri adalah kumpulan dari server Stellar Cores yang terkoneksi satu sama lain yang dijalankan oleh banyak pihak seperti individual dan perusahaandi seluruh dunia. Beberapa server punya Horizon server yang bisa kita gunakan, dan beberapa server ada yang berfungsi hanya untuk menambahkan reliability terhadap network.

Cara termudah untuk menginstall Stellar Core adalah dengan menggunakan stellar/quickstart docker image.

Kita mungkin perlu menjalankan server Stellar Core sendiri untuk bisa men-submit transaksi tanpa tergantung dengan pihak ketiga, memiliki kontrol yang lebih besar terhadap siapa yang bisa dikasi trust, atau sekedar untuk membuat Stellar network lebih reliable dan robust bagi yang lain.

Big Picture: The Stellar Network

Stellar network adalah kumpulan dari Stellar Cores di seluruh dunia, masing-masing di-maintain oleh orang-orang dan organisasi yang berbeda-beda. Sifat distributed dari network ini membuatnya lebih reliable dan aman.

Semua Stellar Cores ini —jaringan dari nodes— pada akhirnya bertujuan untuk menyepakati suatu set transaksi. Setiap transaksi pada network membutuhkan biaya kecil: 100 stroops (0.00001 XLM). Biaya ini membantu untuk menghalangi pihak yang hendak berbuat jahat terhadap network seperti spammer.

Untuk bisa melakukan test atas aplikasi yang akan kita buat, Stellar.org menyediakan test network bersekala kecil dan lengkap dengan Horizon-nya. Klik ini untuk mulai mencoba testnet.