Menjadi freelancer internet adalah salah satu alternatif mendapat sumber income dewasa ini. Hal ini dapat dilakukan baik sebagai karyawan sebagai tambahan income maupun full time freelancer dimana sumber pendapatannya murni dari freelancer.

Untuk menjadi freelancer dewasa ini sudah sangat mudah karena sudah ada beberapa situs yang menyediakan bursa pekerjaan bagi freelancer dan perusahaan recruiter yang ingin meng-outsource pekerjaannya kepada para freelancer. Salah satunya adalah Odesk.com.

Bidang keahlian yang saat ini sangat banyak peminatnya adalah: Web Programming yang meliputi PHP, JAVA, Ruby on Rails, HTML, MySQL, serta Mobile Development seperti Android, Blackberry, iPhone, iPad.

Agar mudah mendapatkan pekerjaan freelancer di Odesk.com tentunya dibutuhkan keahlian dasar sesuai bidang yang diminati. Selain itu dibutuhkan juga “jam terbang” yang cukup tinggi agar chance dipilih oleh recruiter menjadi lebih tinggi.

Berikut ini syarat mutlak yang perlu dimiliki:

  1. bisa berkomunikasi dalam bahasa inggris baik tulisan maupun lisan
  2. dapat menepati janji waktu deadline yang telah disepakati
  3. memiliki skill keahlian sesuai bidangnya misal PHP, JAVA, Networking, Android, dlsb

Berikut ini trik yang dapat digunakan agar chance mendapat pekerjaan lebih tinggi:

  1. buat resume online sehingga mudah diakses oleh recruiter
  2. buat portfolio online hasil pekerjaan yang sudah pernah dikerjaan sebelumnya, bisa saja hasil kerjaan tutorial jika belum mendapat real job.
  3. untuk pemula, jangan pasang rate terlalu tinggi, nanti jika sudah punya jam terbang, baru naikkan rate secara perlahan
  4. be humble dan jujur, recruiter dimana-mana tidak suka sama karyawan yang sok pintar tapi kosong

Setelah mendapat job dari Odesk dan recruiter merasa puas, biasanya recruiter langsung kontak anda jika ada pekerjaan yang lebih besar lagi.

Di atas, disebutkan “jam terbang” menentukan mudahnya mendapat pekerjaan. Maksudnya, semakin sering anda mendapat job semakin besar jam terbang anda di Odesk. Mintalah recruiter memberi feedbak positif kepada anda. Ini otomatis bisa kalau recruiter merasa puas. Feedback biasanya dalam bentuk bintang (mirip cendol kalau di kaskus hehehe..). Selain itu feedback bisa dalam bentuk tulisan singkat dari recruiter tentang hasil kerja anda.

Di Vitraining Programmer Course:

  1. diajarkan secara lengkap skill yang diperlukan untuk menjadi freelancer, khususnya PHP, JAVA, Android, Networking.
  2. trik agar lebih mudah dan cepat mendapat pekerjaan dari Odesk

 

Klik disini untuk jadwal training lengkap.

 

 

Bagaimana Cara Menjadi Freelancer Internet?
Tagged on: