Overview

Bekerjasama dengan PT INTI Bandung membangun proyek portal Executive Information System (EIS) untuk Kementerian Negara BUMN. Portal ini dapat diakses melalui URL eis.bumn.go.id. Portal EIS digunakan sebagai sarana pelaporan BUMN seluruh Indonesia (saat dibangun berjumlah 136 BUMN) kepada Kementerian Negara BUMN. Laporan yang dimasukkan meliputi: laporan keuangan (neraca, labarugi, arus kas, perubahan modal), laporan operasional pemasaran, penjualan, investasi, pajak, dan sebagainya. Selanjutnya laporan tersebut dapat dilihat oleh pihak Kementerian Negara BUMN mulai dari staf teknis, bidang teknis,kabid, asdep, deputi, staf ahli, sampai dengan menteri.

Pada Laporan tersebut dapat dilakukan rekaputulasi dan komparasi walaupun BUMN melakukan input sesuai dengan template laporan keuangan (akun) sesuai dengan yang terdapat pada masing-masing BUMN. Ini dapat dilakukan karena template akun BUMN tersebut telah dilakukan mapping kepada akun sektoral (kelompok BUMN sesuai dengan bidang usaha masing-masing) dan akun global. Dengan adanya mapping tersebut menteri dapat melihat misalnya perbandingan laporan kinerja seluruh BUMN di Indonesia, antar BUMN pada sektor perbankan, perbandingna sektor perkebunan dengan sektor industri strategis, dan sebagainya.

Pendahuluan

Kementrian Negara BUMN merupakan Institusi pemerintah yang menjalankan fungsinya berdasarkan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2003 tentang Badan Usaha Milik Negara dan Peraturan Pemerintahan Nomor 41 Tahun 2003 tentang Pelimpahan Kedudukan, Tugas dan Kewenangan Menteri Keuangan pada Perusahaan Perseroan (Persero), Perusahaan Umum (Perum) dan Perusahaan Jawatan (Perjan) kepada Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara. Kedudukan, tugas dan kewenangan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara menurut peraturan perundang-undangan tersebut adalah mewakili Pemerintah dalam bidang pembinaan dan pengawasan BUMN selaku Pemengang Saham atau Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada Persero dan pemilik modal pada Perum.

Untuk mendukung aktifitas Kementrian Negara BUMN dan memberikan dorongan kepada BUMN agar memiliki kinerja yang seoptimal mungkin, serta meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja, maka dirasakan perlunya dukungan yang memadai demi terciptanya proses kerja yang sistematis. Agar maksud tersebut dapat tercapai, maka dipandang perlu untuk menyelenggarakan Pembangunan Portal EIS. Pada tahap selanjutnya, agar aplikasi yang telah dibangun dapat digunakan dengan efektif, perlu dilakukan sosialisasi kepada seluruh pegawai di Kementrian Negara BUMN.

  1. Maksud
    Membangun Sistem Informasi manajemen Kementrian Negara BUMN yang mampu menyediakan dan menyajikan data dan informasi tentang seluruh aspek kinerja BUMN secara akurat, relevan, dan tepat waktu sehingga mampu memenuhi kebutuhan informasi pada stakeholder BUMN.
  2. Tujuan
    • Tujuan umum: mendukung program good corporate governance yang dicanangkan pemerintah
    • Tujuan internal: memudahkan pihak intern Kementrian Negara BUMN dalam memperoleh, memvalidasi, menganalisa, dan menyimpan data BUMN secara baik sehingga mampu menyediakan informasi yang akurat, lengkap, dan tepat waktu bagi stakeholder BUMN. ·
    • Tujuan eksternal: memfasilitasi BUMN untuk melaporkan data dan informasinya secara akurat, lengkap dan tepat waktu. Selain itu keberadaan portal ini juga akan memfasilitasi pihak-pihak eksternal yang berwenang lainnya dalam mengakses informasi tentang BUMN secara akurat.
  3. Sasaran
    • Terbangunnya sistem informasi yang memungkinkan Kementrian Negara BUMN dari segala level pengambil keputusan untuk memperoleh, mmemvalidasi, menganalisa, dan menyajikan dan menyimpan data dan informasi tentang segala sesuatu yang terkait dengan BUMN secara efektif, efisien, akurat, lengkap, dan tepat waktu.
    • Tersedianya sistem informasi yang memungkinkan pihak eksternal yang terotorisasi untuk mendapatkan data secara mudah, akurat, lengkap, dan tepat waktu.
    • Tersedianya sistem informasi yang mendukung terselenggaranya good corporate governance.

Modul

Portal EIS terdiri dari beberapa modul sebagai berikut:

Aspek Teknologi

Portal EIS dikembangkan dengan pemanfaatan teknologi terkini sebagai berikut:

  • High Availability, mempergunakan Open Soruce (LAPP – Linux Apache PosgreSQL PHP),
  • pemodelan Unified Modeling Language (UML) untuk menentukan, mengambarkan, membuat dan mendokumentasikan rancangan konseptual aplikasi dengan langsung use cases sesuai requirement, activity diagram dan glossary
  • Mengimplementasikan konsep-konsep pemograman web terkini (Web 2.0) meliputi Alternate Stylesheet, Ansychronous  Javascript and XML (AJAX) dan LDAP (Light Directory Access Protocol) based login
  • Mengimplementasikan konsep-konsep keamanan dan availabilitas sistem (Linux High Availability), transaksi data yang aman dan handal, implementasi sistem cadangan, automated data backup system dan recovery system
  • Server Installation (Operation System Installation, Monitoring System, Directory Server,  Database Server, Web and/ or Application Server, Storage Area Network, System Security Backup and Recovery System) untuk seluruh sistem
  • System terintegrasi dan Data Migration/ Conversion (Integrasi dengan seluruh sistem independen/ non independen yang saat ini dipergunakan di Kementrian Negara BUMN dan migrasi/ konversi data dari sistem lama ke sistem baru)

Modul

Portal EIS terdiri dari beberapa modul sebagai berikut:Modul

Portal EIS terdiri dari beberapa modul sebagai berikut:

Leave a Reply